Hari Wisuda

By Awanda Gita - Oktober 26, 2020

 25-10-2020

 07.30 WIB-Selesai

Zoom Cloud Meeting

Now our graduation is recorded, our youth is recorded and it won't last forever. Untuk teman-temanku, selamat! kalian telah melalui fase pertama kampus yang penuh cerita. 

Pukul 07.30 kami sudah harus melakukan login menuju link zoom yang dikirim oleh HUMAS ITS beberapa hari sebelum wisuda dilaksanakan. Kami duduk di depan laptop dengan baju toga lengkap dengan topi dan map berisi ijazah. Dibelakang kami terpasang latar belakang hijau/greenscreen background agar virtual backgorund yang kami gunakan dapat tertangkap kamera dengan jelas. 

Tidak seperti wisuda-wisuda sebelumnya, wisuda kami beda. Wisuda kami tanpa berjalan menuju graha ITS yang iconic itu dan tanpa sambutan arak-arakan yang meriah dari departemen yang menyertakan adik-adik tingkat kami, tanpa bendera departemen yang dipampang diantara pohon-pohon jalan sekitaran Graha. Wisuda kami hening, tanpa suara deru mesin knalpot dan bel sepeda motor yang diaransemen dengan suara tertentu, tanpa MIGO, tanpa vivat yang terus menerus diteriakkan, tanpa water canon dan tanpa pertemuan secara langsung dengan teman-teman seperjuangan kami. Tahun 2020 sangat tega merenggut masa-masa akhir kuliah angkatan kami.

Lagi-lagi kalau boleh menggerutu, wisuda kali ini sunyi, menyayat hati namun penuh perjuangan yang tak henti-henti. Jika membahas masa-masa sebelum wisuda, tentu akan sangat berat dan membuat pikiran terus berjalan-jalan, terkaget, risau dan lelah. Momen kami diambil paksaa oleh keadaan seperti belum selesai menjelaskan suatu topik, perkataanmu sudah langsung diputus, disanggah dan disudahi saja tanpa penjelasan.

Untuk Paggy, temanku

Sekarang sudah mulai hujan, padahal terakhir kita ngelab dulu juga hujan, petir. Pasitu aku ngajak Iftyna nemenin aku ngelab karena pasitu kamu bilang untuk nggak coba memforsir diri, karena kita kerja non-stop, banyak nyocokin teori ke hasil, memilah-milah teori, mikir kenapa hasilnya belum sesuai, pengen hasilnya bagus, pengen hasilnya sama persis sesuai teori, pengen tanpa celah, pokoknya dan sepertinya aku terlalu memforsir diri kita. 

Malem itu selepas wisuda ke 121, tanggal 15 Maret aku akhirnya nganter balik Iftyna ke kosan karena kamu akhirnya lanjut ngelab lagi sampai jam 2/subuh ya pag?, sekitaran itu pokok kita mesti ngatur pH sampek pagi huhu. Pasitu aku inget banget aku keluar masuk lab sambil cemberut, karena aku nganggepnya kami masih capek sama aku, kamipun sempet eyel-eyelan kan waktu itu hehe. Nah pas itu kan aku keluar mau ke kamar mandi ya pag, aku takut aslinya karena pasitu hujan dan anginnya kenceng, lorong kimia sepi, ada burung nyamperin aku, dan aku lari, balik ke lab, tapi belum sampek balik masuk ke lab aku berusaha ngeberani-beraniin buat tetep ke kamar mandi sendirian, karena sungkan sama kamu kalau mau minta anterin. Urusan kamar mandi selesai, dan aku balik ke lab nyaring Zeolit lagi yang pHnya ga netral-netral. Asli cuapek, mataku luelah, di satu sisi aku terus ngelihatin kamu, aku gak uenak asline, aku mau minta maaf tapi kayake kita pasitu malah diem-dieman wkwkw. Kita cuma saling ngomong untuk tanya pH "pHnya udah berapa wan?" begitupun juga aku, gitu terus sampai pHnya 8. Setelah pHnya 8 tuh kita langsung lanjut ngambil kunci di loker terus ngunci gudang, dan masukin Zeolit ke oven.

Tanggal 15 selesai dengan melelahkan. Udah pagi, tanggal 16 itu kampus kami secara resmi dilock-down kami para mahasiswa nggak boleh masuk kampus, tapi siangnya kita tetep harus ngambil sampel, karena kalau nggak diambil, sampel kita bisa gosong di oven 110 derajad celcius. Sebelumnya juga di tanggal 15 pagi wisuda ke 121 hari terakhir bener-bener dibatalin.

Kalau inget momen itu ya pag, aku mesti nangis, waktu kita kerja, waktu kita bareng diputus gitu aja, dan galama kemudian aku balik ke Gresik, dan kamupun juga balik, anak-anak bapak yang lain juga satu persatu balik tanpa tahu bakal bisa ketemu lagi/enggak. Ini yang bikin aku gelo alias kecewa sama waktu yang mutus masa-masa akhir perkuliahan kita.

Maafin aku ya pag, mesti suka keras dan perfeksionis, selalu ngeset standar, padahal kondisi fisik masing-masing orang beda dan akupun juga sering lupa sama diriku sendiri bahwa akupun juga punya batas kekuatan, bisa aja pas itu aku lebih fit, atau kamu yang lebih fit dan salah satu di antara kita lagi enggak. Tapi kalau mau jujur, aku sama sekali nggak ada perasaan yang permanen, pikiranku pasitu cuman semoga kita bisa aja selesai tepat waktu kalau ngelihat dari penelitian kita yang ga mudah, cuma salahnya aku adalah terlalu maksa kerja.

Sekarang sudah kan ya? pas sidang itu masing-masing kita dijadwal dengan waktu beda, ada yang beberapa hari lebih dulu, dan emang ada yang belakang. Setelah semua itu akupun masih kepikiran sama momen eyel-eyelan malem itu wkwkwk. "Paggy masih marah gak ya sama aku?", karena aku bener-bener sayang sama anak-anak bapak, aku bener-bener seneng bisa kerja bareng kalian, jarang-jarang aku punya tim yang emang sabar, karena selama yang aku pernah alamin, aku kerja juga sama orang yang mungkin kamu anggep kayak aku huhu selalu set target tinggi, tapi jujur itu capek. Bisa kerja bareng sama kamu dan anak-anak adalah kesempatan baik yang tak dapet, inipun karena bimbingan bapak yang gak ngebolehin kita individualis. 

Aku belajar banyak dan masih belajar, karena ini sulit untuk ngerjain sesuatu yang gak mudah secara bersama-sama. Bimbingan sama Bapak itu bimbingan hidup, belajar menubrukkan ego pelan-pelan, tapi jatuhnya di aku dan mungkin beberapa teman lain nubruknya terlalu keras, jadinya mudah stress pas ngerjain TA. Sebenernya kalau mau ditulis, masih banyak, tapi setidaknya itu yang bisa aku tulis pag, buat chingu. Selamat ya Pag, akhirnya kita bisa pass through it.

Untuk Mbak Nop

Terimakasih udah jadi rem dan starter secara bersamaan di tim kita, udah jadi kakak kita semua. Kamu bener-bener tahu kapan harus memperlambat jalan kita, pas kita terlalu cepet dan terburu-buru, mba nop selalu ngingetin hal kecil yang menurut kami tuh nggak penting, tapi ngaruh. Mbak nop juga tahu kapan harus jadi starter mesin kami, pas jalan kami udah loyo, Mbak Nop selalu geram dan marah dengan anggun, selalu gigih dan pamit ngelesi.

Aku inget Mbak Nop duduk dan terus mantengin laptop buat bikin BAB II sama Paggy yang dipakek untuk submit proposal penelitian yang dibantuin Mbak Naimah, sedangkan aku wes lelah dan tidur, karena BAB IIIku udah selesai sebelum hari itu, aku lihat kalian serius ngerjain sampai pas udah adzan shubuh, kalian udah ninggal aku ke manarul.

Enggak tahu kenapa, aku selalu seneng pas Mbak Nop bilang "Hari ini aku nggak ngelesin wan, adeknya minta ganti hari, dan sepertinya aku bisa ngerjain sampek malam". Aku ngerasa bener-bener ada booster pas mbak bilang kayak gitu, ditambah temen-temen yang juga masih stay di lab. Hati tuh kayak adem ngelihat kita semua kumpul, ada satu rasa bangga yang gabisa diungkap, walu jengkelnya juga banyak antara kita ber-enam.

Dari kamu aku banyak belajar buat selalu belajar dan gapapa kalau nggak tahu, nggakpapa nanyain hal kecil yang mungkin sering dilupain orang, harus tegas dan jangan setengah-setengah. Gakpapa untuk lupa dan minta selalu diingetin, untuk clumsy tapi tetep charming.

Untuk Habiba

"Akutuh kadang cemburu sama cau, dia yang lebih dapet waktumu dibandingkan aku" 

-Sobat Holcim petani melon pertama

Dari awal kuliah gase fir kita ambil almamater bareng, ngantri bareng. Dari sana kita belum seberapa deket, tiba-tiba semester 3 kalau gasalah itu kita mulai deket gara-gara bahas Justin dan India-indiaan. Terus juga kita ikut lomba-lomba bisnis sama Tegar, soale kita sama-sama suka dagang, makin ngide semua barang dijual wkwkw dari rencana bikin baju sampai bakpao yang kalau belum laku kita makan sendiri :"). Kalau dipikir-pikir pas di kampus kita lumayan suka ngide wkwkw. Dari situ dalam hatiku berharap, aku pengen terus temenan sama anak ini, karena ngeklik. Setelah itu, kitapun sering sambat termo dan dinkim sama Muti jugak gara-gara sekelas. Pas KP, pas JDIE, banyak hal yang nggarai awadewe membonding terus :(. 

Nah ada momen pas kamu mulai tanya "Aku bimbingan ke Ibu atau Bapak ya wan?" disitu aku mulai mikir "yah, gaseru ini kalau bimbingannya beda, ga bareng-bareng lagi". Maaf ya fir, ini pengakuan, walau kadang aku bilang "terserah" di dalam hatiku aku berharap kamu juga ambil dospem yang sama kayak aku, biar bisa sambat bareng, dari situ wes akeh pokoke.

Tapi pas ada Caw, aku sedih dong, aneh. Aku mikir "Yah kalau temen deket dah punya pacar tuh emang gaasik lagi udahan" tapi ketika aku lihat kamu lagi, kamu ya masih fira yang tak kenal, kalau gas ya gas, cuman lebih sering bucin :"), yang kadang waktunya sama anak-anak jadi diambil caw :), yasudah sih hmm.

Dari kowe aku belajar receh, sumpil ngguyumu nular firrr, belajar nggak ragu dan belajar logis. TBH MBTImu mirip Gitasav, INTJ dan sepertinya aku butuh orang-orang INTJ untuk agar menjadi orang yang terlalu perasa dan bisa mikir simpel tapi bener. Yawes ngulah sop.

Untuk Sena

TO BE CONTINUED

 


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar