Ternyata, aman-aman saja.

By Awanda Gita - Mei 05, 2020

Pas lagi karantina gini, emang mudah banget ya setan buat masuk, menggeliat bikin overthinking walau puasa nih, tetep setan ada, dia nyamar di dalam pikiran.

Aku masih gak ngerti tentang aku sendiri yang mudah banget buat ngeluh, marah dan seneng banget buat membanding-bandingkan diri sama orang lain. Ini penyakit, serius. Tapi aku sepertinya tahu, penyakit seperti ini mulai menyarang di aku sejak kapan. Aku bukan mau menyalahkan orang-orang yang pernah aku temui, tapi lebih berusaha paham, mana-mana aja orang yang udah gaperlu ditemuin lagi. Tepatnya sih pas kuliah, karena aku udah dilepas di laut, kalau kata pakpuh. Jadi udah nggak ada lagi yang namanya rasa spesial. Dimana ombak gitu aja nyapu siapapun walau sepintar apapun dia berenang, tanpa trik yang benar, dia bakal kepinggirin. What a reality!

Tapi, di tengah rancunya pikiran tentang diri sendiri dan toxic people yang masih suka muncul di beranda-beranda media sosial, banyak orang yang berbuat kebaikan sebisa mereka. Aku bangga dan aku yakin kita semua bakal rindu buat merasakan solidaritas yang seperti ini kelak. Karena tetap, manusia punya kelembutan hati, kalaupun kita lupa, itu di luar batas kontrol kita untuk membuat orang lain bahagia. 

Seharusnya aku mikirin gimana skripsiku kelar, karena udah dari semester 7 kemarin aku ngerjain, itu dulu deh fokus satu. Lanjut setelah itu gimana aku bisa wisuda, padahal ini momen yang ditunggu-tunggu selama wisuda di ITS, biar bisa diarak. Mungkin alasannya simpel, dan bagi sebagian orang ga penting, but still, the celebration is a celebration. Sudah nih skip, bisa lah nanti diwisuda onlen atau di hari-hari baik setelah semua ini berlalu. Tapi belum cukup sampai situ, pikiranku terus lari ke terowongan yang masih belum ada lampunya, ditambah bisikan sana sini kalau terowongan itu nakutin, banyak hantu, dituntut buat bisa lari cepat biar ga ketangkep dan perumpamaan yang lain-lain. Ini dunia kerja. Aku terlalu memercayai orang-orang sebelum masuk, jadinya aku galau, pusing dan selalu pengen unggul tanpa toleh kanan-kiri. Aku ngerasa aku individualis, gaada talent, hubunganku dengan teman-temanku nggak baik karena nggak punya teman di semua jurusan (ada yang pernah bilang, kalau kebanggaannya adalah itu) tapii untuk aku, it doesn't mean anything. Track record kinerjaku dalam kelompok buruk, aku gak ngasih pencapaian yang sebegitunya, cenderung manut sama aturan dan kurang memberi gebrakan. Wah itu semua muter di dalam otak, terus dan terus.


Jawabannya ternyata, aku aman-aman saja. Kekuatan intuisiku memang sangat baik. Entah sepertinya aku udah lama nerapin prinsip ini namun aku gasadar. Aku ternyata nggak pernah puas sama yang aku kerjain, sampai pada di titik down aku lupa bahwa selama ini aku udah berusaha dengan baik, dan menyelesaikan semuanya secara tuntas. Hubunganku dengan teman-temanku baik-baik saja, karena memang aku tipe people-oriented, kalau dibilang aku lebih seneng dan lega ketika bisa bantu mereka. Hati rasanya lebih adem, dan pas gabisa bantu rasanya aku ini individualis banget. Well that's me.  Di organisasi juga, walau nih ya orang-orang lebih suka masuk di organisasi yang well-known tapi bagiku tempat kecil yang masih perlu dibenahi dan nggak semua orang mau disitu adalah tempat tumbuh yang bagus bagi aku. Kinerjaku baik tapi aku belum puas, teman-temanku lebih baik, mereka memang keren. Nilai-niali selama kuliahku gimana? Di semester 1-3 aku ngerasa baik-baik saja sampai pada semester 4 aku dikasih tau kalau "lu jadi orang jangan main aman, jangan sombong" nilai IPSku jatuh (kalau kata temenku, yah gitu aja sambat, masih jelekan aku). Aku gabisa komentar sih, karena target pencapaian orang beda, karena niat dan kemampuannya juga beda. Udah nih, aku ngerasa bodoh banget, even ketika nilaiku udah perlahan naik, aku semakin insecure, sebenernya aku udah ngasih yang terbaik gak sih buat studiku selama ini? Paham gak? Pelajaran lupa-lupa terus padahal baru semester lalu. Berdasarkan survey wawancara makan siang, teman-teman juga begitu, cuman aku nggakmau ambil level aman, kadang hal-hal menenangkan seperti ini bikin kita terlena lagi. Udah, kalem mulai adem, kita cerita tentang hal lain. Tentang rasa suka, pikiran juga muter-muter ke tujuan yang masih fana, bisa dapat orang yang kita taksir istilahnya, tapi doi ga peka, we are just friend. Bandingin lagi hidup ke orang lain yang udah punya pacar hahaha kelihatannya seneng, walau dia down dia masih ada penyemangat. Ternyata nggak juga, katanya sih. Cuman hal satu ini yang bagiku nggak aman, tidak ada rekor, tapi ini adalah suatu perbandingan yang nggak banget dari sisi hidup yang lain. Menurutku untuk yang satu ini, kita punya jalan romantis masing-masing, udah gausah terlalu keburu, nyatanya, aman-aman saja. 


Gapapa bingung, nangis, marah tapi simpen selalu di dalam hati bahwa kita nggak sendiri dan ini semua pasti berhasil di waktu bagian kita. Ada kalanya awan itu mendung kok, buat nangis dan ngeluarin pelangi yang indah setelahnya.

Selamangat!! We just need more practice

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar